Sportstar adalah orang-orang yang luar biasa di bidang olahraga, dan dari hal itu di blog ini, akan menceritakan tentang karir mereka

Senin, 18 Februari 2013

Mario Balotelli


Mario Balotelli adalah seorang pemain sepak bola yang berasal dari Italia. Dia adalah pemain yang berposisi sebagai striker. Dia terlahir dengan nama Mario Barwuah Balotelli. Dia lahir di Palermo, Italia pada 12 Agustus 1990. Dia adalah pemain yang berposisi sebagai striker. Dia adalah pemain timnas Italia. Sekarang dia tampil bersama klub AC Milan dengan nomor punggung 45.

Mario Balotelli adalah pemain yang terlahir dari orang asli Ghana yaitu Thomas dan Rose Barwuah dengan nama asli Mario Barwuah. Akan tetapi, karena kedua orang tuanya tidak sanggup menghidupi anaknya, mereka memberikan Mario kepada keluarga yang ada di Italia, yaitu Franco dan Silvia Balotelli. Sehingga namanya menjadi Mario Balotelli.

Karirnya sebagai pemain sepak bola diawali di sebuah klub junior kecil di Italia yaitu Lumezzane. Dia membela tim junior Lumezzane mulai dari tahun 2001-2006. Kemudian dia memulai karir profesionalnya di Lumezzane dan dia menjalani debut profesionalnya di Serie C1 menghadapi Padova ketika umurnya masih 15 tahun.

Kemudian Internazionale Milan terpincut dengan talentanya dan Inter pun membelinya pada 2006. Dia menjalani debut bersama Inter ketika Inter menghadapi Cagliari pada 16 Desember 2007. Ketika itu dia menggantikan David Suazo. Kemudian dia menjalani debutnya di Coppa Italia dengan menghadapi Reggina dan Inter meraih kemenangan 4-1 di mana Balotelli menciptakan 2 gol. Gol pertama Balotelli di Serie A terjadi ketika Inter menang 2-0 ketika menghadapi Atalanta. Pada Supercoppa Italiana, dia masuk menggantikan Luis Figo dan menciptakan gol di menit ke-83. Pada November 2008, dia menjadi pemain termuda Inter yang menciptakan gol di Liga Champions (18 tahun 85 hari) memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Obafemi Marins (18 tahun 145 hari). Tetapi tingkahnya yang bengal justru bertumbuh ketika dia berada di Inter, sehingga dia seringkali menerima skors akibat ulahnya itu. Bahkan, Jose Mourinho sempat menyatakan bahwa Balotelli adalah pemain yang tidak punya disiplin. Tetapi, dia juga menjadi korban rasisme beberapa fans di Italia. Yang paling jelas adalah ketika dia tampil ketika menghadapi Juventus, fans Juventus mengejeknya dengan bahasa yang rasis. Dan salah satu aksinya yang paling kontroversial adalah ketika di Liga Champions menghadapi Barcelona dia membanting jersey Inter ke tanah dan memantik emosi para tifosi Inter Milan. Kemudian pada Juli 2010 dia ditarik ke Manchester City.

Di Manchester City, dia bereuni dengan mantan bosnya di Inter, Roberto Mancini. Di klub barunya ini, dia ciptakan gol pertamanya ketika tampil sebagai pengganti ketika berhadapan dengan Timisoara di Liga Europa pada 19 Agustus 2010. Balotelli juga menjalani debut Premier Leaguenya ketika tampil sebagai pengganti pada 24 Oktober 2010 ketika menghadapi Arsenal. Dia juga menciptakan debut 2 golnya di Premier League ketika timnya berhadapan dengan West Bromwich Albion. Tapi di laga yang sama dia juga mendapatkan kartu merah pertamanya. Pada 21 Desember 2010 dia mendapatkan Golden Boy Award. Pada musim berikutnya dia ciptakan gol pertama di musim 2011/2012 ketika di Piala Liga mengalahkan Birmingham City 2-0. Dia juga berperan dalam kemenangan Manchester City atas rival sekotanya Manchester United di Old Trafford dengan skor 6-1. Dia juga menjadi pemain City yang berperan dalam membawa City menjadi juara Premier League. Pada musim 2012/2013, dia mulai kehilangan tempat di skuad utama Manchester City hingga pada bursa transfer musim dingin dia ditransfer ke AC Milan.

Di AC Milan, yang merupakan klub favorit Balotelli, dia langsung ciptakan 2 gol ketika menjalani debut menghadapi Udinese dan Milan pun raih kemenangan 2-1. Setelah itu lagi-lagi dia menjadi penyelamat Milan ketika dia ciptakan gol bagi Milan sehingga Milan terhindar dari kekalahan dari Cagliari. Dia juga sukses ciptakan gol ketika Milan menghadapi Parma dan menang 2-1. Itu berarti dalam 3 laga awalnya bersama Milan, dia selalu ciptakan gol.

Tetapi segala catatan gemilangnya di lapangan, dia juga menjadi pemain yang penuh kontroversi. Pada 2010, dia pernah menunjukkan kostum AC Milan dengan tulisan namanya di bagian punggung ketika dia masih menjadi bagian dari Inter Milan. Dia juga pernah membanting kostum Inter Milan. Dia juga berani mengancam mafia di Italia dengan mentato tubuhnya dengan bentuk pistol. Dia juga pernah melakukan backheel ketika menendang ke sebuah gawang kosong dan gagal. Dia juga menggila pada sebuah kecelakaan yang menimpa dirinya, ketika polisi mengecek mobilnya, polisi menemukan uang sebesar 5000 Poundsterling. Ketika ditanya mengapa dia membawa uang sebanyak itu, dia menjawab karena saya kaya. Dia juga pernah menyulut kembang api di dalam rumahnya sendiri. Dia juga pernah mampir ke Xaverian Sixth Form College hanya untuk mencari toilet jelas hal itu sangat memancing perhatian para siswa untuk berfoto bersama Balotelli. Balotelli juga pernah kesulitan untuk memakai rompi latihan pada latihan Manchester City itu. Dia pun meminta bantuan untuk memakaikan rompi latihan tersebut. Sialnya, ketika bajunya sudah terpakai, rompi yang dikenakannya salah. Sehingga dia harus kembali minta bantuan untuk memakai rompi latihan itu. Dia juga pernah berselebrasi dengan kaos "Why Always Me?" yang sempat terkenal. Dia juga pernah mengisengi fotografer tim Manchester City dengan mengambil lensa kamera fotografer tersebut. Dia juga pernah datang secara mendadak ketika Andrea Stramaccioni ditunjuk pertama kali dan sedang mengadakan press conference. Tiba-tiba Balotelli datang dan menyalami Strama. Dia juga pernah bertingkah cukup gila, dia tidak bisa membungkus kado natal dan meminta Carlos Tevez untuk mengajarinya. Tevez pun dibuat kesal oleh Balotelli karena Balotelli tidak kunjung bisa membungkus kado itu sendiri itu pun masih mencari alasan yang aneh, karena Balo kidal. Saat pindah ke Milan pun dia tidak bisa lepas dari kontroversi karena dia sempat hampir adu jotos dengan seorang polisi yang memperingatkan dirinya.

Tim yang dibela Mario Balotelli sepanjang karir profesionalnya:
Lumezzane (2005-2006)
Internazionale Milan (2006-2010)
Manchester City (2010-2013)
AC Milan (2013-...)

1 komentar:

  1. youtube - videoodl.cc - Videoodl.cc
    youtube youtube. youtube. youtube mp4 youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube.

    BalasHapus