Sportstar adalah orang-orang yang luar biasa di bidang olahraga, dan dari hal itu di blog ini, akan menceritakan tentang karir mereka

Sabtu, 18 Mei 2013

Gareth Bale


Gareth Bale adalah seorang pemain sepak bola yang berasal dari Wales. Pada awalnya, Gareth Bale berposisi di bek kiri, tetapi sekarang dia berada di posisi winger atau gelandang serang karena agresifitasnya dalam menembak bola ke gawang. Dia terlahir dengan nama Gareth Frank Bale. Dia lahir di Cardiff, Wales pada 16 Juli 1989. Dia mempunyai julukan The Wizard Of Wales. Dan sekarang dia tampil bersama klub Tottehham Hotspur dengan nomor punggung 11.

Gareth Bale adalah orang Wales yang lahir dari Frank, seorang penjaga sekolah dan Debbie, seorang manajer operasional. Dia bersekolah di Eglwys Newydd Primary School di Whitchurch. Bale adalah keponakan dari mantan pesepakbola Cardiff City, Chris Pike. Di saat di sekolah itulah, pada saat Bale berusia 9 tahun, pertama kali menarik minat Southampton, ketika dia bermain dalam six-a-side tournament bersama klub sepak bola pertamanya, Cardiff Civil Service Football Club. Pemain yang menjadi inspirasinya adalah pemain timnas Wales dan Manchester United, Ryan Giggs.

Bale kemudian bersekolah di Whitchurch High School di Cardiff. Dia adalah atlet yang kuat dan bermain sepakbola bersama pemain rugby Wales yang berposisi sebagai flanker dan kapten, Sam Warburton. Selain sepak bola, dia juga bermain rugby, hoki, dan atletik. Pada usia 14 tahun dia pernah berlari 100 meter dengan waktu 11,4 detik. Karena kemampuan Bale yang di atas rata-rata, guru olahraganya, Gwyn Morris, sampai membuat aturan khusus yang membatasi Bale dalam one-touch football dan dalam menggunakan kaki kirinya. Sementara dia bersekolah di Whitchurch, Bale juga berlatih di akademi satelit Southampton di Bath, meski muncul keraguan jika Southampton akan memberi Bale beasiswa mengacu pada tinggginya.

Meski dia satu-satunya yang berusia 16 saat itu, dia membantu tim sekolah U-18 nya untuk menjuarai Cardiff And Vale Senior Cup. Dia meninggalkan sekolah pada musim panas 2005 dengan nilai A di bidang olahraga mengacu pada hasil GCSE. Di tahun terakhirnya di sekolah, dia dihadiahi hadiah dari departemen olahraga untuk jasanya di olahraga.

Untuk kehidupan pribadi Bale, Bale telah menikah dengan Emma Rhys-Jones. Anak pertama mereka, yang lahir di University Hospital of Wales, pada 21 Oktober 2012 dan diberi nama Alba Violet Bale.

Karirnya di sepak bola profesional diawali di Southampton. Dan dia menjalani debutnya pada 17 April 2006, saat Bale berusia 16 tahun 275 hari, menjadikannya debutan termuda kedua di Southampton setelah Theo Walcott yang hanya berselisih 132 hari ketika menjalani debut. Dan debutnya berjalan dengan baik seiring The Saints (julukan Southampton) menang 2-0 saat menghadapi Millwall. Pada 6 Agustus, Bale ciptakan gol pertamanya saat menghadapi Derby County melalui free kick dan mengubah skor menjadi 1-1.

Kemudian, dia menciptakan gol lagi saat menghadapi Coventry City pada musim keduanya berseragam Soton tepatnya musim 2006/2007 melalui free kick lagi. Kemudian reputasinya sebagai spesialis free kick mulai muncul saat dia ciptakan gol dari free kick lagi saat menghadapi West Bromwich Albion. Kemudian pada 16 Desember 2006, total golnya menjadi 5, berkat golnya ketika menghadapi Sunderland, dengan free kick sukses jebol gawang Hull City, dan gol ke gawang Norwich City.

Pada Desember 2006, dia memenangi Carwyn James Award untuk BBC Wales Young Sports Personality of the Year, dan terpilih sebagai Football League Young Player of the Year pada 4 Maret 2007. Kemudian, oleh media lokal Bale melakukan musim perdananya dengan gemilang.

Game terakhirnya untuk Southampton adalah saat semifinal Championship Play-Off menghadapi Derby County pada 12 Mei 2007. Di pertengahan babak kedua, dia mengalami cedera dan tak bisa mengikuti leg ke-2. Total, dia telah tampil 45 kali dan mencetak 5 gol.

Kemudian pada 25 Mei 2007, dia ditransfer dari Soton ke Tottenham Hotspur dengan 5 juta pounds dan berpotensi naik menjadi 10 juta pounds berdasarkan peforma Bale.

Pada musim pertamanya berseragam The Lily Whites (Julukan Tottenham) dia menjalani laga pertamanya ketika masuk sebagai pemain pengganti di menit ke 80 ketika menghadapi St. Patrick Athletic dalam sebuah laga friendly match. Lalu, debutnya yang kompetitif, terjadi ketika menghadapi Manchester United. Dan di penampilannya yang kedua dia mampu ciptakan gol ke gawang Fulham. Dan dia mampu ciptakan gol di laga ketiganya saat berhadapan dengan Arsenal dan di laga keempatnya di Piala Liga ketika menghadapi Middlesbrough, dan dengan itu dia menjadi catatan luar biasa mengingat usianya yang baru 18 tahun dan mampu ciptakan 3 gol dari 4 laga. Lalu pada 2 Desember 2007, ketika menghadapi Birmingham City, dia ditarik keluar di tengah laga karena cedera setelah mendapatkan tekel dari Fabrice Muamba. Kemudian Bale harus istirahat sampai di akhir musim.

Dan pada musim keduanya membela Tottenham, dia menandatangani kontrak baru. Dan Bale menerima nomor punggung baru yaitu 3. Setelah pengguna nomor 3 sebelumnya, Lee Young-Pyo hengkang. Tetapi karena peforma buruk di sepanjang musim dia harus menjadi pelapis Benoit Assou-Ekotto.

Di musim ketiganya, Bale harus mengawali musim dengan operasi. Dan terpaksa melewatkan dua bulan awal kompetisi. Kemudian, Bale comeback pada laga melawan Burnley pada 26 September 2009, dengan masuk sebagai pengganti di menit 85, ketika Tottenham menghancurkan Burnley 5-0. Dan inilah kemenangan pertama Bale di Premier League. Tetapi, dia mengalami frustasi karena selalu menjadi pelapis Benoit Assou-Ekotto, sampai Assou-Ekotto cedera, dan pelatih Spurs saat itu, Harry Redknapp, memutuskan untuk memberi Bale kesempatan dan Bale sukses tampil mempesona pada laga Piala FA menghadapi Peterborough. Kemudian Bale meraih kemenangan perdananya di Premier League bersama Tottenham ketika dia menjadi starter saat berhadapan dengan Fulham dengan skor 3-1. Lalu pada April 2010, dia juga ciptakan gol pada laga melawan Arsenal setelah menerima umpan dari Jermain Defoe. Dan tiga hari setelah itu, dia kembali ciptakan gol, dan kali ini korbannya adalah Chelsea sang pemuncak klasemen saat itu, dan gol dari Bale bawa Spurs taklukan Chelsea dan Bale meraih predikat Man of the Match. Dan pada bulan yang sama Bale raih Barclays Player of the Month. Dan di akhir musim Bale diberikan perpanjangan kontrak 4 tahun karena kontribusinya membantu Spurs meraih tiket Liga Champions.

Di musim 2010/2011, pada 21 Agustus 2010, dia ciptakan gol indah saat The Spurs bertemu Stoke City. Dan gol itu terpilih sebagai Goal of the Month oleh BBC. Lalu, pada 25 Agustus 2010, dia ciptakan 4 gol untuk libas Young Boys 4-0, dan membuat Spurs lolos ke Liga Champions. Meski Assou-Ekotto telah pulih dari cedera, Bale tetap mempertahankan peforma apiknya dan akhirnya Bale tetap bertaham sebagai Starting Eleven. Gol pertamanya di Liga Champions tercipta saat The Spurs taklukan FC Twente dengan skor 4-1. Kemudian, dia ciptakan hat-trick fantastis saat berhadapan dengan Internazionale Milan di Liga Champions karena The Spurs telah tertinggal 4-0 di 35 menit awal dan harus bermain dengan 10 pemain selama 80 menit karena dikartu merahnya Heurelho Gomes. Dan skor akhir pun 4-3. Dan di leg kedua di White Hart Lane, Bale memimpin Spurs taklukan Inter Milan 3-1. Pada 17 April 2011, Bale raih PFA Player of the Year. Dan meski Barcelona dan Chelsea menyatakan ketertarikan terhadap Bale, Bale tetap memilih tinggal di Tottenham.

Pada 2011/2012, gol pertamanya terjadi pada 24 September 2011, saat menghadapi Wigan Athletic. Lalu menambah jumlah gol ketika ciptakan dua gol ke gawang QPR. Lalu memeruskan peforma gemilangnya dengan ciptakan 1 gol saat Tottenham taklukan Fulham 3-1. Pada 3 Desember, Bale ciptakan gol pertama The Spurs saat menang 3-0 dari Bolton. Dan Bale dedikasikan gol tersebut pada pelatih Wales saat itu yang meninggal, Gary Speed, dengan memegang sepatu kirinya yang bertuliskan "R.I.P Gary Speed" di depan para pendukung Bolton. Dan pada musim ini juga, Bale terpilih masuk dalam UEFA Team of the Year 2011. Dan pada Januari 2012, Bale raih Premier League Player of the Month, setelah ciptakan 3 gol dan 2 assist.

Pada 2012/2013, Bale memutuskan untuk mengganti nomor punggungnya dari 3 menjadi 11 karena dia merasa bahwa dia bukan lagi bek kiri dan nomor yang lebih tinggi. Gol pertamanya saat Spurs taklukan Reading 3-1. Dan dia ciptakan gol kedua Tottenham dalam laga melawan Manchester United yang berkesudahan dengan kemenangan 3-2 Tottenham atas Manchester United di Old Trafford. Dan menjadi kemenangan perdana Spurs dari Manchester United di Old Trafford pada 1989. Dan Bale ciptakan hat-trick pertamanya di musim itu saat membantai Aston Villa 4-0 di Boxing Day. Lalu pada laga Piala FA, Bale ciptakan dua gol saat Spurs hajar Coventry City 3-0. Lalu pada 30 Januari 2013, Bale ciptakan gol lewat gerakan solo 1-1 saat berhadapan dengan Norwich City. Bale lalu ciptakan gol saat berhadapan dengan West Bromwich Albion. Lalu dia ciptakan gol ke-15 dalam musim itu saat Spurs taklukan Newcastle. Di laga berikutnya, Bale ciptakan gol fantastis dengan free kick dari jarak 35 yard dan 25 yard. Lalu pada 25 Februari, Bale kembali ciptakan gol dan kali ini West Ham yang jadi korbannya. Dan hasilnya fantastis, Bale raih predikat Player of the Month pada bulah Februari 2013 dan raih Goal of the Month pada bulan Januari dan Februari. Pada 3 Maret 2013, Bale ciptakan gol yang antarkan Arsenal menang 2-1 dalam Derby London Utara. Dan pada 7 Maret, Tottenham ciptakan 1 gol dalam kemenangan Spurs 3-0 atas Internazionale Milan. Pada 4 April 2013, Bale alami cedera saat Spurs bertemu dengan FC Basel. Dan dalam comebacknya melawan Mancester City, Bale ciptakan 1 gol dan 1 assist kepada Clint Dempsey yang membawa Spurs menang 3-1. Dan pada 28 April 2013, Bale menang PFA Players' Player of the Year dan Young Player of the Year. Lalu sepekan kemudian, Bale raih FWA Player of the Year, dan menjadi pemain kedua setelah Cristiano Ronaldo yang mampu raih ketiga gelar itu dalam tahun yang sama. Dan pada 4 Mei 2013, Bale ciptakan gol ke gawang mantan klubnya Southampton untuk ciptakan gol ke-20 dalam penampilannya ke 200 bersama Tottenham.

Tim yang dibela Gareth Bale sepanjang karir profesionalnya:
Southampton (2006-2007)
Tottenham Hotspur (2007-...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar